Jakarta(detik.com) - Debut kompetitif Irfan Bachdim bersama timnas Indonesia berakhir memuaskan dengan satu gol dia lesakkan ke gawang Malaysia. Tak ada hal lain dirasakan pesepakbola 22 tahun itu selain kebanggaan yang besar.
Seperti sempat diakui sendiri oleh Bachdim, membela tim nasional Indonesia adalah sebuah keinginan yang sudah lama dia pendam. Dengan ayah kandung yang berpaspor Indonesia, peluang dia berseragam Merah Putih memang terbuka besar.
Saat yang ditunggu-tunggu tersebut akhirnya datang pada awal November lalu, saat dirinya masuk dalam daftar 30 pemain yang dipanggil Badan Tim Nasional untuk menjalani seleksi tahap tiga timnas untuk Piala AFF.
Tak sulit buat pria kelahiran Amsterdam 11 Agustus 22 tahun lalu itu untuk akhirnya bisa masuk ke dalam daftar 23 nama yang terpilih pelatih Alfred Riedl.
Meski gagal mencetak gol dalam dua laga ujicoba, Bachdim ternyata tetap mampu mencuri perhatian sang pelatih. Buktinya adalah masuknya dia dalam starting eleven laga Indonesia vs Malaysia di pertandingan perdana Piala AFF. Jebolan sekolah sepakbola Ajax Amsterdam itu bahkan bisa menyingkirkan seniornya, Bambang Pamungkas.
Bachdim membayar kepercayaan yang diberikan pelatih sekaligus memenuhi ekspektasi penggemarnya dengan sebuah gol yang dia lesakkan, yang menggenapi kemenangan 5-1 Indonesia. Sebuah gol yang membuatnya bangga memakai Garuda di dada.
"Saya sangat senang. Saya bangga bermain buat kalian semua, saya bangga bermain buat Indonesia," sahut Bachdim pada detiksport usai pertandingan.
Kontribusi Bachdim dalam laga kontra Malaysia mungkin belum menunjukkan kemampuan maksimalnya, namun itu jelas bisa dimaklumi lantaran ini merupakan laga kompetitif pertama dia bersama Indonesia. Namun satu gol yang dia lesakkan ke gawang Malaysia bisa jadi modal buatnya untuk memberi lebih banyak untuk Merah Putih. ( arp / din )
VIVAnews - Konsumsi alkohol tak selamanya buruk. Dengan takaran dan pilihan jenis yang tepat, alkohol bermanfaat untuk kesehatan tulang.
Studi yang dilakukan para peneliti Universitas California mengungkap bahwa bir mengandung nutrisi yang baik untuk kepadatan mineral tulang (bone mineral density/ BMD). Bir membantu mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.
Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 100 jenis bir yang dipasarkan di Amerika Serikat. Para peneliti menemukan kandungan silikon dalam bir yaitu mineral yang membantu pembentukan massa tulang. Silikon inilah yang bermanfaat memperkuat struktur tulang.
Dalam setiap gelas bir mengandung sekitar 6,4 sampai 56,5 mg/L silikon. Dan setiap dua gelas bir, sekitar 30 mg/L silikon. Asupan silikon yang baik dalam tubuh sekitar 20 sampai 50 mg/L. Sebab itu, tak dianjurkan mengonsumsi bir lebih dari dua gelas per hari.
Takaran yang tepat adalah satu atau dua gelas bir per hari. Konsumsi bir melebihi takaran yang dianjurkan, justru akan berdampak negatif bagi tubuh. Konsumsi alkohol berlebih memperbesar risiko hipertensi, kanker, dan gangguan organ hati.
"Jadi pilihlah jenis minuman alkohol favorit Anda, dan nikmatilah dengan takaran cukup. Jangan berlebihan agar Anda bisa mengambil manfaatnya," kata Davis, ketua tim peneliti dari Universitas California kepada LiveScience.







